Laporan Analisis Manajerial PT.Indosat,Tbk

BAB I

Profil Perusahaan

            Indosat didirikan pada 20 November 1967. Didirikan sebagai perusahaan modal asing oleh pemerintah Indonesia dengan nama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Persero), perusahaan ini mulai beroperasi pada September 1969 sebagai perusahaan komersil penyedia jasa sambungan langsung internasional (IDD). Perusahaan ini membangun, memindahkan, dan melakukan kaidah operasional sebuah organisasi telekomunikasi internasional (International Telecommunications Satellite Organization) disingkat Intelsat, untuk mengakses Intelstat lain (satelit) yang berada di Samudra Hindia dengan durasi kesepakatan 20 tahun hingga 1987. Sebagai konsorsium global organisasi satelit komunikasi, intelstat memiliki dan mengoperasikan beberapa satelit-satelit komunikasi.

Pada tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara dan dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Pada akhir tahun 2008 saham pemerintah Indonesia tinggal 14,3 persen saja, dan sebanyak 65 persen dikuasai oleh QTel.

Karena sebagian besar kepemilikan Indosat dikuasai oleh pemodal asing QTel (Pemerintah Qatar), maka berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2007 penyelenggaraan jaringan telekomunikasi untuk jaringan bergerak baik seluler maupun satelit, kepemilikan modal asing dibatasi 65 persen. Sementara untuk jaringan tetap berbasis kabel maupun berbasis radio, dengan teknologi circuit switched atau packet switched, modal asing dibatasi maksimal 49 persen. Pada tahun 2008 Dirjen Postel Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar menegaskan bahwa Indosat diwajibkan melepas lisensi telepon tetap miliknya (fixedline dan wirelessline) jika Qatar Telecom (Qtel) berkeras menambah sahamnya melebihi 49%. Hingga bulan Maret 2011 Indosat belum melepas StarOne, sementara Telkom menyatakan tertarik untuk mengakusisi StarOne yang memiliki ijin untuk telepon tetap, SLJJ, dan SLI ini.

 

VISI

  • Menjadi pilihan utama pelanggan untuk seluruh kebutuhan informasi dan komunikasi

MISI

  • Menyediakan dan mengembangkan produk, layanan dan solusi inovatif yang berkualitas untuk memberikan nilai lebih bagi para pelanggan
  • Meningkatkan shareholders value secara terus menerus
  • Mewujudkan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi stakeholder

NILAI

  • Terpercaya :Berfikir positif, konsisten dalam perkataan dan perbuatan yang  terpuji serta diandalkan
  • Tekad menjadi yang terbaik :Semangat mencapai keunggulan dengan melakukan perbaikan dan penyempurnaan.
  • Berjiwa muda :Enerjik, dinamis, dan berani, menjadi penggerak perubahan.
  • Peduli :Menunjukan perhatian, menghargai serta melayani dengan sepenuh hati
  • Cepat :Sigap dalam mkemecahkan masalah, mengambil keputusan, bertindak dan beradaptasi.

BAB II

Analisis Manajerial Perusahaan

  • Aspek Organisasi

 

  • Struktur Organisasi

President Director                                                       : Alexander Rusli

Director and Chief Financial Officer                          : Curt Stefan Carlsson

Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer  : Sentosa

Director and Chief Sales and Distribution Officer     : Joy Wahjudi

Chief Corporate Services Officer                               : Indar Atmanto

Chief Strategy & Planning Officer                             : Prashan Gokarn

Chief Human Resources Officer                                :RipyMangkoesoebroto

Chief Marketing Officer                                             : Loong Tuck Weng

Komisaris                                                                    : Nasser Mohammed Marafih

Komisaris                                                                    : Rachmad Gobel

Komisaris                                                                    : Rionald Silaban

Komisaris                                                                    : Beny Roelyawan

Komisaris                                                                    : Cyhnthia Alison Gordon

Komisaris Independen                                                : Soeprapto

Komisaris Independen                                                : Chris Kanter sebagai

Komisaris Independen                                                : Richard Farnsworth Seney

Komisaris Independen                                                :Rudiantara

  • President Director & Chief Executive Officer

Menetapkan sasaran utama Perusahaan melalui strategi korporasi jangka pendek dan jangka panjang. Mengelola segala aspek Perusahaan untuk memastikan operasional yang efektif dan menguntungkan, yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya pertumbuhan berkelanjutan untuk mencapai hasil maksimum dari modal yang diinvestasikan. Memimpin perubahan mode operasional dan mengelola lingkungan internal dan eksternal.

  • Director & Chief Financial Officer

Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi keuangan Indosat, mencakup fungsi-fungsi pengendalian, treasury, akuntansi dan pendapatan usaha. Memberikan saran pada unit usaha dan fungsi-fungsi korporasi mengenai rencana keuangan dan model ekonomi mereka. Mengawasi seluruh tanggung jawab fiscal dan fiduciary Perusahaan, bekerja sama dengan Direksi dan komitekomite yang relevan. Bertindak sebagai “Kustodian Nilai Pemegang Saham”

  • Director & Chief Technology Officer

Memastikan dukungan teknologi bagi fungsi-fungsi operasional, memungkinkan peluncuran produk pada waktu yang tepat; juga memastikan operasional harian aset-aset teknologi secara efektif dan efisien. Membangun jaringan untuk mendukung pertumbuhan usaha dan mengoperasikan jaringan yang kompetitif dan berkualitas tinggi di dalam anggaran belanja operasiona dan belanja modal yang disepakati.

Memastikan dukungan IT bagi fungsi-fungsi operasional, memungkin produk memasuki pasar dengan cepat dan pendapatan usaha diakui secara efektif. Memastikan dukungan IT bagi keseluruhan Perusahaan untuk memungkinkan kegiatan usaha harian yang efisien dan efektif.

  • Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer

Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi infrastruktur dan wholesale. Mengevaluasi dan mengkaji pilihan-pilihan untuk membuang dan membangun bisnis baru. Mengembangkan dan mengelola relasi dengan pelaksana.

Menelaah dan memperbaharui strategi Solusi Korporasi Indosat. Mempersiapkan dan memimpin penerapan organisasi SBU dan model operasional Solusi Korporasi. Mendorong pertumbuhan penjualan di segmen korporasi nasional.

  • Director & Chief Commercial Officer

Mengembangkan dan menjaga keberlangsungan organisasi SBU “Consumer Wireless.”

Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi komersial bagi Consumer Wireless. Memimpin pengembangan strategi SBU “Consumer Broadband,” memberikan saran dan memimpin pengelolaannya. Memaksimalkan penjualan dan profitabilitas penjualan consumer wireless. Mengembangkan organisasi penjualan dan distribusi khusus.Untuk informasi tambahan, di bawah ini adalah tugas utama setiap Chief sebagai berikut:

  • Chief Corporate Services Officer

Merencana, mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan manajemen sumber daya manusia, mengelola properti, manajemen fasilitas, mengelola grup hukum, sekretaris perusahaan dan memastikan proses transformasi berjalan dengan baik.

  • Chief Strategy & Planning Officer

Memberi sarankan kepada Presiden Direktur & CEO dalam mengembangkan tujuan strategis untuk penciptaan nilai, pengembangan daya saing perusahaan, mengawasi perkembangan bisnis serta kegiatan perencanaan perusahaan. Pada RUPST tanggal 24 Juni 2011, pemegang saham membebas-tugaskan Mr. Peter Wladyslaw Kuncewicz terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2011 dan menunjuk Mr. Curt Stefan Carlsson sebagai Direktur terhitung sejak tanggal 1 September 2011.

  • Komisaris

Tugas Komisaris untuk melakukan penunjukan Auditor Independen Perseroan, untuk melakukan audit atas laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2014 termasuk untuk menetapkan kondisi dan syarat-syarat penunjukannya dan menunjuk akuntan publik pengganti apabila Kantor Akuntan Publik yang telah ditunjuk oleh Dewan Komisaris tidak dapat melanjutkan atau melaksanakan tugasnya karena sebab apapun, berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Melimpahkan kewenangan kepada Dewan Komisaris sesuai dengan Pasal 92 ayat (5) UU No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, berdasarkan usulan dari Direktur Utama untuk:Menentukan tugas dan tanggung jawab anggota Direksi Perseroan (sepanjang tidak ditentukan oleh Rapat Umum Pemegang Saham); dan/atau mengubah pembagian tugas dan tanggung jawab anggota Direksi Perseroan dari waktu ke waktu.

  • Kepemilikan Perusahaan

Kepemilikan sebuah perusahaan korporasi seperti Indosat dilihat dari pemegang saham terbanyak.

Kepemilikan saham Indosat :

Ooredoo Asia Pte. Ltd Lebih dari 5% 3,532,056,600 65 %
Masyarakat Lebih dari 5% 831,380,450 15.3 %
Negara Republik Indonesia Lebih dari 5% 776,625,000 14.29 %
SKAGEN AS Lebih dari 5% 293,871,450 5.41 %
Fadzri Sentosa Direksi 10,000 0 %
  • Budaya Organisasi
  1. Indosat, Tbk adalah perusahaan operator seluler dimana sebagian besar sahamnya dimiliki perusahaan asing. Budaya dari perusahaan ini tercermin dalam service yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para customer yang mengacu pada visi dan misi perusahaan serta makna dari “Techno Flower” yang merupakan logo baru Indosat.

Tahun 2005 awal, Indosat mengeluarkan Logo baru yang dinamai Techno Flower, perusahaan mencoba mengganti Logo untuk memenangkan persaingan antar operator seluler. Logo berbentuk antara gabungan dari tiga bangun elips masing-masing dengan warna biru, kuning, dan merah yang tersusun bertumpuk hingga menjadi bangun bintang permata di tengahnya. Logo itu dipercantik dengan teks “indosat” di sebelah kanan serta motto “The Future Is Here” di bawah teks “indosat” yang menggantikan motto lama “Easier, Simpler, Better.”

Gambar 1.1 : Logo Lama Indosat dan Logo Baru Indosat

Masing-masing warna yang terdapat dalam bentuk elips/flower mempunyai makna tersendiri. Makna dari warna tersebut adalah :

MERAH         :  menggambarkan masyarakat Indonesia.

BIRU              : melambangkan keunggulan teknologi.

KUNING        : melambangkan komunikasi yang ramah.

Keramahan merupakan salah satu inti makna dari logo baru ini. Keramahan dilambangkan dengan bunga (Flower). Teks “indosat” di samping kanan bentuk elips/flower seluruhnya sengaja ditulis dengan huruf kecil untuk melambangkan keramahan. Sedangkan teks “The Future Is Here” di bawah “indosat” merupakan motto baru yang memperlihatkan Indosat mampu menerapkan teknologi terbaru di Indonesia.

Selain itu, PT. Indosat, Tbk memiliki budaya bekerja yang memungkinkan karyawan lebih produktif dan menyenangkan dalam bekerja. Indosat berupaya menciptakan lingkungan kerja yang positif bagi seluruh karyawan. Tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan di mana karyawan dapat menikmati pekerjaan mereka dan saat bersamaan juga didorong memberikan kemampuan terbaik mereka.

Karyawan Indosat disediakan ruang kerja yang nyaman, aman dan sehat untuk melakukan pekerjaannya. Kebijakan dilarang merokok diberlakukan di semua area kantor, sementara bangunan kantor dilengkapi dengan fasilitas seperti kantin, mushola, ruang menyusui, perpustakaan, klinik, dan fasilitas olahraga.

Dengan jumlah jam kerja yang telah ditetapkan perusahaan, karyawan memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal masuk dan pulang kerja sesuai beban kerja masing-masing atau untuk mengakomodasi keperluan penting di luar kerja. Demikian pula, aturan berpakaian yang fleksibel memungkinkan karyawan untuk berpakaian formal atau santai sesuai dengan waktu kerja atau tuntutan pekerjaan mereka.

Indosat mendorong karyawan untuk menyeimbangkan kerja dengan kehidupan sosial dalam lingkungan kantor. Pertemuan karyawan yang disponsori oleh perusahaan, di samping berbagai acara kesenian dan olahraga, adalah beberapa cara untuk mempererat ikatan di antara karyawan di luar hubungan kerja formal.

Di tahun 2010, Indosat tengah menjalankan program Transformasi, yang mulai memperlihatkan hasil, antara lain melalui peningkatan nyata produktivitas karyawan tahun 2010 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang diukur dari total pendapatan per jumlah karyawan, yakni sebesar 11,96%.

Produktivitas kerja juga terkait erat dengan kesejahteraan karyawan, yaitu ukuran kepuasan karyawan bahwa dengan menjalankan pekerjaan dengan baik, berarti mereka melakukannya untuk kesejahteraan mereka sendiri termasuk kesejahteraan anggota keluarga.

Remunerasi yang adil yang dikaitkan dengan kinerja perorangan dan kinerja perusahaan. Indosat menanamkan budaya kerja berbasis kinerja dengan menggunakan sistem Manajemen Kinerja Karyawan yang mengkaitkan kompensasi keuangan dengan performansi kerja aktual berdasarkan target Key Performance Indicator. Dari waktu ke waktu, kami    juga mengadakan survei gaji secara independen dengan perbandingan sesama perusahaan di industri yang sama dan di beberapa sektor serupa. Hal ini memberikan dasar untuk penyesuaian struktur gaji yang dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kami tetap merupakan salah satu perusahaan sebagai pilihan tempat berkarir di Indonesia.

Tunjangan kesehatan dan skema perlindungan sosial. Karyawan berhak atas pemeriksaan kesehatan rutin yang komprehensif, sedangkan fasilitas klinik medis dan gigi gratis disediakan untuk karyawan dan anggota keluarga mereka di gedung kantor kami atau melalui kerjasama dengan sejumlah penyedia layanan kesehatan. Di samping itu, perlindungan asuransi meliputi biaya rawat inap termasuk operasi, melahirkan, pemeriksaaan laboratorium, dan fisioterapi. Karyawan tetap juga secara otomatis terdaftar dalam program dana pensiun yang disponsori oleh perusahaan.

Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan di Indonesia, karyawan mendapatkan cuti tahunan serta cuti khusus seperti cuti yang terkait dengan musibah dan cuti mutasi kerja. Indosat mendirikan Koperasi Karyawan, yang menyediakan berbagai manfaat untuk anggotanya seperti pinjaman lunak untuk tujuan konsumtif.

  • Aspek Pemasaran
  • Produk

Dalam sejarah perkembangannya, PT. Indosat telah banyak sekali menghasilkan berbagai produk, khususnya produk di bidang jasa telekomunikasi di Indonesia. Dalam meluncurkan berbagai produk Indosat memberikan banyak sekali manfaat yang dapat digunakan oleh para konsumen, produk yang dihasilkan oleh Indosat di bagi menjadi beberapa kelompok tergantung dengan kebutuhan konsumen. Diantaranya adalah layanan dalam Mobile, M2M (machine to machine), Fixed Connectivity, IT Services, Satellite.

  • Mobile

Layanan baik suara maupun data dengan teknologi selular yang memudahkan konsumen untuk melakukan hubungan dimanapun konsumen sedang berada. Didalam layanan mobile ini konsumen di berikan dua pilihan paket yaitu :

CUG (Corporate User Group)

Paket ini dirancang untuk kebutuhan komunikasi antar konsumen yang memiliki perusahaan/kelompok dan memiliki manfaat gratis biaya untuk berkomunikasi sesame karyawan.

NON CUG

Paket ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan wirausahawan mandiri.

  • Paket Mandiri
    Telepon gratis kesesama nomor Indosat atau nomor operator lain dengan harga paket sebesarRp 50.000.

Tarif Mandiri (lih. Lampiran I)

Fitur kartu selular yang dirancang untuk melengkapi kebutuhan bisnis akan nomor telepon tetap.

Dengan mengaktifkan fitur DUO dalam nomor seluler, Anda tetap dapat menerima panggilan ke nomor telepon tetap di manapun, sesuai dengan tuntutan mobilitas bisnis Anda.

Tarif Rp 25.000/bulan (sudah termasuk PPN 10%)

Layanan tambahan yang memungkinkan suatu perusahaan terhubung dengan server Email perusahaan melalui Blackberry®.

Blackberry Regular

Paket BlackBerry dengan didukung layanan akses data kecepatan hingga 7.2 Mbps dan Gratis Unlimited Super WiFi kecepatan hingga 20 Mbps.

Tarif Regular (lih. Lampiran II)

Enterprise Service 10

Solusi Enterprise Mobility Management (EMM), yang meliputi: Mobile Device Management (MDM), keamanan, komunikasi terpadu (unified communications) dan produk aplikasi management lainnya.

Manfaat utama BlackBerry Enterprise Service 10 :

  • Mendukung platform terdepan yang digunakan dalam industri
  • Dapat digunakan untuk seluruh jenis perangkat Android/iOS milik karyawan (Bring On Your Own Device – BYOD)
  • Tingkat keamanan data tertinggi
  • Memenuhi standar keamanan data dan mitigasi berbagai resiko keamanan data
  • Mudah diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan dan dinamika perusahaan

Tarif Enterprise Service 10 (lih. Lampiran III)

Blackberry Enterprise Service

Layanan BlackBerry korporasi untuk kartu yang tidak hanya dapat diaktifkan di kartu pascabayar (Matrix) tetapi juga di kartu prabayar (Mentari & IM3).

Layanan ini memiliki dua paket :

  • BES On Demand non hosted
    BES On Demand dapat digunakan bagi pelanggan yang telah memiliki infrastruktur BES (Mail server dan BES server) namun ingin menggunakan kartu prabayar seperti Mentari dan IM3.

Tarif BES On Demand non hosted (lih. Lampiran IV)

 

  • BES On Demand hosted
    Layanan BES on Demand Hosted merupakan solusi untuk korporat, community, dan small medium enterprise yang mempunyai mail server ataupun belum. Dengan kemampuan untuk melakukan synchronized email, calender, task,note,contacts dan address look up. BES Hosted tersebut dapat digunakan pada layanan BIS, BES regular postpaid dan BlackBerry on demand postpaid dan prepaid (Indosat Mobile, Indosat Mobile Auto, Mentari, IM3).

Manfaat BES on Demand Hosted :

  • Mudah untuk melakukan registrasi dan aktifasi
  • Multiple Domain
  • Biaya Murah
  • Indosat Mobile,Mentari dan IM3 dapat berlangganan BES Hosted
  • Advanced Security Features – BES delivers end to end AES and Triple DES encryption
  • Simplified Deployment and Management
  • Berbagai Aplikasi

Tarif BES On demand hosted (lih. Lampiran V)

 

Blackberry Internet Service

Layanan BlackBerry yang digabungkan dengan manfaat closed-user-group.

Tarif Blackberry Internet Service (lih. Lampiran VI)

Indosat Business Data adalah paket layanan tambahan (add-ons) internet ekslusif yang diperuntukkan bagi pelanggan Indosat Business yang telah berlangganan paket pascabayar PRO, Paket Blackberry BES atau BIZ, atau pun paket CUG lainnya dari Indosat. Manfaat dari Indosat Business Data antara lain :

  • Kecepatan sampai dengan 42 Mbps dengan teknologi DC-HSPA+ 42 Mbps
  • Kuota sampai dengan 8,5 GB per bulan.
  • GRATIS Indosat Super WiFi dengan kecepatan sampai dengan 20 Mbps.
  • GRATIS akses internet ke http://www.businessweekindonesia.com (hanya berlaku paket quota)

Tarif Indosat Business Data (lih. Lampiran VII)

  • M2M (machine to machine)

M2M (machine to machine) adalah teknologi yang memungkinkan komputer, peralatan mekanis, peralatan elektronik untuk saling terkoneksi dan bertukar informasi data via jaringan (nirkabel, kabel atau hybrid). Melalui koneksi dan informasi data ini, masing-masing alat dapat melakukan interaksi maupun kontrol satu dengan yang lainnya. Layanan ini memiliki tiga teknologi :

Wireless ATM

Layanan Wireless ATM memberikan solusi industri perbankan untuk menghubungkan Terminal ATM dengan ATM Server/Host Bank menggunakan jaringan GSM (voice atau data) dan HSDPA/3,5 G.

Untuk dapat mengaplikasikan layanan ini, Indosat menyediakan perangkat berupa Modem/Router Wireless khusus yang dipasang pada Terminal ATM dan jaringan tertutup (leased line) melalui Metro-E/MPLS yang menghubungkan komunikasi antara Terminal ATM ke ATM Server melalui jaringan seluler GSM dan 3.5G Indosat.

Manfaat Wireless ATM :

  • Hemat biaya jaringan dengan menggantikan jaringan Satelit (VSAT), jaringan sirkit sewa point to point ataupun Microwave dengan jaringan Selular GSM.
  • Implementasi cepat di berbagai lokasi dan mudah untuk direlokasi sepanjang ada cakupan jaringan selular dengan memanfaatkan GPRS, HSDPA/3,5G misalnya lokasi pameran dan kegiatan finansial yg temporer.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan bank dengan tersebarnya ATM di berbagai lokasi
  • Meningkatkan nilai kompetitif Bank.

Wireless EDC

Indosat Wireless EDC  adalah solusi jaringan yang menghubungkan mesin EDC yang sudah dilengkapi wireless modem  dengan server EDC di perbankanmelalui jaringan selular GSM /CDMA memanfaatkan fitur layanan GPRS/3G/HSDPA, sementara dari jaringan seluler Indosat ke lokasi server EDC di perbankan terhubung melalui jaringan sirkuit sewa melalui Metro-E/MPLS. Perangkat EDC di pusat–pusat perdagangan ini terhubung dengan jaringan komunikasi ke server EDC masing–masing Bank ataupun institusi keuangan.

Manfaat Wireless EDC :

  • Instalasi mesin EDC mudah, cepat dan murah.
  • Hemat biaya jaringan komunikasi dari lokasi merchant  bila

dibandingkan dengan jaringan berbasis dial–up ataupun kabel.

  • Perangkat EDC bersifat mobilitas.
  • Meningkatkan penetrasi layanan perbankan di sektor perdagangan secara cepat dan mudah.
  • Meningkatkan citra dan nilai kompetitif perbankan.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan merchant bank.

Vehicle Tracking

 

Vehicle tracking adalah solusi yang diberikan bagi pelanggan korporasi untuk memantau posisi kendaraan atau armada atau aset bergerak lainnya. Solusi ini sangat menguntungkan bagi perusahaan bergerak dalam bidang distribusi/pengiriman dan angkutan.

Layanan ini mampu menelusuri kendaraan/aset yang tengah bergerak dengan akurat. Untuk mendapatkan layanan ini, kendaraan/aset bergerak dipasang terminal GPS yang terhubung dengan satelit GPS (Global Positioning System). Posisi kendaraan yang telah dicatat oleh terminal GPS dikirim ke pusat kontrol di kantor via SMS dan/atau GPRS dengan menggunakan kartu seluler Indosat. Informasi posisi yang didapat kemudian ditampilkan di pusat kontrol dengan peta digital.

Manfaat Vehicle Tracking :

  • Posisi atau lokasi armada atau aset bergerak dapat dimonitor secara akurat.
    • Mengurangi biaya operasional dengan mengurangi resiko pemilihan rute yang salah atau yang tidak efisien.
    • Menjaga armada atau aset perusahaan dari tindakan–tindakan kriminal seperti pencurian dan penyalahgunaan
    • Meningkatkan produktivitas karena memungkin koordinasi secara tepat dan akurat
  • Satellite

Di dalam paket ini Indosat berusaha memenuhi permintaan konsumen terhadap layanan broadcast.

Ø  TV Link

Untuk memberikan solusi bagi pelanggan para news agent (pencari berita) dan news broadcaster baik dari dalam negeri maupun luar negeri, maka Indosat memberikan solusi layanan Indosat TV Link. Layanan ini disediakan berdasarkan kebutuhan per satuan waktu.

Layanan lain terkait dengan layanan satelit adalah layanan yang berbasis pada penggunaan fasilitas (facility-based) dan kompetensi/keahlian professional sumber daya manusia (expertise-based). Facility-based merupakan layanan kepada pelanggan yang ingin menggunakan fasilitas-fasilitas stasiun bumi yang sudah ada, seperti Telemetry, Tracking & Command (TT&C) backup, support peluncuran satelit, Traffic Monitoring, dan lain-lain

Manfaat layanan Indosat TV Link ini terdiri atas beberapa jenis, antara lain:

  • Occasional transponder lease
    Pelanggan menyewa sejumlah kapasitas transponder dalam hitungan per-menit
  • SNG/OB Van dan microwave
    Indosat menyewakan perangkat SNG (Satellite News Gathering), transportable uplink station (sering disebut OB Van), atau microwave portable untuk peliputan suatu berita/event dalam hitungan per hari, dengan atau tanpa menggunakan transponder PALAPA-D
  • Receive-Only
    Indosat menyewakan fasilitas reception, dalam hitungan per menit, menggunakan antena-antena yang ada di Daan Mogot maupun Jatiluhur untuk kemudian di kirimkan kepada pelanggan. Pengiriman dapat dilakukan menggunakan microwave link atau FO.
  • Turn-around Service
    Indosat menyediakan fasilitas reception dari satelit lain dan kemudian re-transmit ke PALAPA-D atau satelit lainnya, menggunakan antena-antena yang ada di Daan Mogot maupun Jatiluhur, dalam hitungan per menit.
  • Event-based satellite services
    Indosat bekerjasama dengan panitia suatu event besar untuk menjadi satellite provider resmi untuk event tersebut, dengan menyediakan fasilitas-fasilitas uplink satelit di lokasi event, berikut transpondernya.

Ø  Transponder

Indosat menyewakan kapasitas transponder dalam satuan lebar bandwidth tertentu kepada para pelanggan. Dalam hal ini, biasanya pelanggan memiliki dan mengoperasikan perangkat ground segment-nya sendiri. Selanjutnya, INDOSAT mengatur pelaksanaan/prosedur akses ke satelit dan memantau sinyal-sinyal dari pelanggan.

Untuk setiap kapasitas yang disewa, INDOSAT mengalokasikan kapasitas dalam 2 parameter penting: lebar bandwidth dan besar EIRP sesuai dengan porsi bandwidth yang disewa. Rumus perhitungan besar EIRP yang sesuai dengan porsi bandwidth yang disewa ditentukan oleh Divisi Satelit yang mengoperasikan satelit PALAPA.

Layanan sewa transponder ini biasanya digunakan oleh:

  • Para broadcaster (TV) untuk mendistribusikan program TV-nya ke wilayah yang dicakup satelit, baik dalam bentuk direct reception atau untuk maksud distribusi ke stasiun-stasiun relay
  • Operator VSAT untuk disewaulangkan kepada para end-user
  • Operator GSM untuk menghubungkan jaringan-jaringan BTS/BSS/MSC di wilayah-wilayah yang belum dijangkau jaringan terestrial
  • ISP untuk koneksi ke cloud internet
  • News agent untuk mengirimkan berita-berita dari lokasi sumber berita ke studio TV mereka untuk editting sebelum ditransmisikan sebagai materi berita
  • Perusahaan-perusahaan tertentu untuk membangun jaringan LAN sendiri (closed-user group)
  • Perbankan untuk jaringan ATM-nya

Ø  IT Services

Di dalam paket ini Indosat menyediakan fasilitas yang mudah diakses untuk media penyimpanan atau sistem yang dimiliki oleh pihak perusahaan dan menawarkan link koneksi dari pelanggan ke lokasi sistem IT.Paket ini dibagi menjadi tiga layanan :

Ø  Mail on Cloud

E-mail kini menjadi aplikasi yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Mengimplementasikan layanan e-mail yang handal, mendukung komunikasi bisnis dan juga aman adalah hal yang cukup menantang. Terdapat banyak pertimbangan dalam mengimplementasikan layanan email dalam perusahaan seperti pengaturan lokasi penempatan data, kebutuhan perangkat keras, ketersediaan tenaga ahli, sampai dengan pililihan beli atau sewa layanan.

Mail-on-Cloud dari Indosat hadir untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan implementasi layanan email yang handal, aman, dan dapat segera diimplementasikan (just-in-time) dan tidak perlu mengeluarkan biaya investasi dan lisensi perangkat keras dan perangkat lunak pendukung yang sangat mahal melalui skema sewa (rent) dengan pay-as-you-use model.

Indosat akan melakukan setup, provisioning, perawatan berkelanjutan dan upgrade pada infrastruktur email server sehingga mengurangi beban kerja dan membantu membebaskan divisi IT untuk dapat lebih fokus pada inisiatif strategis yang akan membantu bisnis Anda bergerak lebih cepat.

Indosat menghadirkan dua layanan Mail-On-Cloud yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing, yaitu:

  • Microsoft Exchange Online: Berbasis Microsoft Exchange Server 2013 untuk stabilitas, kemudahan         dan keamanan layanan email di perusahaan Anda.
  • Zimbra: Berbasis Zimbra Collaboration untuk stabilitas email dengan harga yang lebih
  • Data Center

 

Dalam paket ini Indosat memberikan layanan berupa membangun dan mengelola data center untuk keperluan bisnis para konsumen.

Manfaat dari layanan Data Center :

  • Power
    • Suplailistrikoleh PLN dari 2 gardu yang berbeda
    • Redundant UPS (2N)
    • Setiap rak dilengkapi dengan dua independent power lines yang masing-masingmemiliki back-up UPS dangenset.
    • Bus Bar Trunking Power Distribution
    • Generator dengankemampuanpenyimpananlebihdari 3 hari
  • Environtment
    • N+1 Precision Air Conditioner System
    • FM 200 Fire Suppression
    • Environmental Monitoring System
  • Connectivity
  • Lebihdari 3 jalurkoneksike Data Center
  • Meet-Me-Room
  • Indosat Data Center terbukauntuksemua operator telekomunikasi
  • Sangatmemungkinkanbagi operator global dan operator lokal
  • Security
    • CCTV
    • AksesKeamanan 7×24 jam
    • Monitoring Network Operational Center 7×24 jam
  • Remote Operator
    • SertifikasiCCxP
    • Sertifikasi CDC & CDCS
    • Sertifikasi ITIL
  • DRC

Indosat Disaster Recovery Center (DRC) merupakan layanan fasilitas back up data bagi suatu perusahaan yang dilengkapi dengan koneksi jaringan dari titik gedung pelanggan ke data center Indosat.

Pada layanan tersebut Indosat menyediakan fasilitas untuk menempatkan perangkat atau sistem yang dimiliki oleh perusahaan dan memberikan koneksi link yang mencukupi dari lokasi pelanggan ke lokasi sistem IT/komputer yang dituju.  Layanan ini sangat bermanfaat dalam mengantisipasi kerusakan sistem yang diakibatkan sesuatu hal di luar rencana (force majeure), seperti kekacauan, kebakaran, bencana alam dan lainnya.

Manfaat Disaster Recovery Center :

  • Lokasi pusat data DRC yang strategis dengan keamanan yang terjamin, sehingga data perusahaan yang tersimpan terjamin keamanannya dari berbagai gangguan
  • Pusat data ini mudah diakses oleh pelanggan karena Indosat menyediakan link dari pusat data pelanggan ke DRC

Fasilitas DRC Indosat didukung oleh jaringan berupa :

  • Jaringan Broadband  :
    • Broadband Internet Access
    • MPLS
    • Leased Line
  • Satellite
  • Jaringan selular 3.5G
  • Fixed Connectivity

Layanandariindosat yang memilikitigapaketdidalamnya :

  • Fixed Phone :
  • Indosat Phone

Indosat Phone adalah merupakan akses layanan telepon tetap Indosat yang dapat digunakan untuk komunikasi suara, data dan video.

Dengan menggunakan layanan Indosat Phone pelanggan dapat melakukan komunikasi untuk tujuan lokal, SLJJ, seluler maupun internasional, dengan jaminan suara jernih  serta berkualitas tinggi karena didukung oleh jaringan teknologi serat optik.

Saat ini layanan Indosat Phone telah siap melayani pelanggan di 16 kota besar yaitu : Jakarta, Surabaya, Medan, Batam, Balikpapan, Bandung, Pekanbaru, Denpasar, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Solo, Cirebon, Makasar, Malang dan Palembang.

TarifIndosat Phone (lih. Lampiran VIII)

·      PVPN

Indosat IP-VPN adalah layanan VPN Layer 3 berbasis IP/MPLS dengan cakupan domestik maupun internasional konsep any to any baik mesh maupun hub to spoke untuk aplikasi suara, data, video dan internet.

Teknologi IP/MPLS memungkinkan lalu lintas data berjalan efisien dengan adanya klasifikasi data berdasarkan prioritas dan manajemen trafik dalam single platform dimana data yang dikirim berdasarkan  alamat IP yang dituju dan  identitas label pada paket data. Label tersebut berfungsi sebagai penunjuk rute aliran data yang  membentuk jalur maya yang biasa disebut Label Switching Path (LSP).
Layanan Indosat IPVPN mampu menghubungkan suatu perusahaan dengan kantor cabangnya di seluruh Indonesia (domestik) dan atau kantor cabang/perwakilan internasional di luar negeri secara fleksibel , handal , aman  dan biaya yang efisien.

IPVPN dapat menggunakan sarana akses Clear Channel (serat optik, copper, microwave dan VSAT), serta Metro Ethernet.

 Manfaat :

  • Fleksibel dan skalabel dalam menambah site baru dan/atau bandwidth dari 1Mbps sampai dengan n x 10 Gbps.
  • Cost-efficient dengan adanya konf gurasi any to any baik mesh maupun hub to spoke.
  • Sistem keamanan jaringan yang tinggi.
  • Handal, dengan didukung jaringan backbone yang menggunakan topologi ring dengan jaringan fiber optic, satelit maupun microwave
  • Sesuai Qos (Quality of Service).
  • Mendukung semua aplikasi IP (data, voice, video) melalui koneksi tunggal.
  • Fixed Internet

Layanan akses Internet yang handal dan berkualitas bagi pelanggan korporat baik segmen Large Business, Medium Business dan Small Business , Indosat memberikan berbagai solusi layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.Layananinimemilikitigapaketdidalamnya :

·         Broadband Internet

Broadband Internet adalah layanan akses internet menggunakan jaringan serat optik yang handal baik di dalam negeri maupun luar negeri dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

Dengan koneksi internet tanpa batas, tanpa kuota dan tanpa tambahan biaya , layanan ii sangat tepat untuk kebutuhan bisnis , kebutuhan keluarga maupun perorangan dengan beerbagai aplikasi seperti Game Online, Browsing , Email dan sebagainya.

Manfaat :

  • Kecepatan akses tinggi dan stabil
  • Akses tanpa dibatasi oleh kuota pemakaian
  • Tanpa tambahan biaya apapun
  • Tarif Hemat
  • Dedicated Internet Acces

Dedicated Internet Access (DIA) merupakan solusi tepat dalam menjawab kebutuhan layanan komunikasi internet yang berkualitas baik bagi segmen korporasi maupun sector publik.

Layanan Dedicated Internet Access memilikikecepatandari 256 Kbps sampaidengan 155 Mbps dengan 2 pilihanLayanan, yaitu Premium dan Standard, yang dapatdisesuaikandengankebutuhanpelanggan.

Dedicated Internet Access hadir di beberapakotabesar di Indonesia, yaitu Aceh, Padang, Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jambi, Jadetabek, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Jember, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar.

Manfaat:

  • Infrastruktur yang handalberbasisteknologi MPLS dengankoneksike gateway internet internasionalmaupundomestik.
  • Jaminankualitasuntukservice availability, packet loss, typical latency, maupunonsite response time.
  • Pilihanjaringanakseskelokasipelangganbaikmenggunakanfiber optic yang berbasisclear channelmaupun metro Ethernet danjugamicrowave.
  • Helpdesk 24 jam.
  • Teknisi yang berpengalamandanbersetifikatdalambidangnya
  • IP Transit

Indosat menyediakan layanan jaringan IP transit internet domestik dan internasional bagi ISP di Indonesia. Kehandalan layanan ini terjamin karena didukung oleh infrastruktur jaringan kabel laut Indosat yang terhubung ke mancanegara dan infrastruktur jaringan serat optik in-land yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layanan IP Transit dapat menggunakan teknologi akses Clear Channel dan IP Based dengan media last mile serat optik, radio/microwave maupun VSAT yang memiliki kecepatan 1 Mbps – 10 Gbps.

Layanan IP Transit Indosat :

        • Indosat Network Provider (INP)
          Indosat Network Provider (INP) merupakan layanan jaringan IP Transit ke internet global melalui jaringan 1st tier upstream dan peering partners untuk perusahaan Penyedia Jasa Internet (ISP), Operator telekomunikasi, Universitas dan institusi lain yang memiliki Autonomous System Number sendiri.
  • Indosat National International Internet Exchange (INIX)
    Indosat National Internet Exchange (INIX) adalah layanan IP Transit ke internet domestic melalui jaringan backbone internet Indosat, peering partners dan internet exchange domestic dan Singapura. Layanan INIX memiliki jangkauan layanan yang luas dengan cakupan nasional dan Singapura.
  • Harga

Berdasarkan peraturan yang berlaku, Menkominfo menetapkan formula tarif yang menentukan jumlah maksimum yang dapat dibebankan oleh operator biaya yang lebih besar kepada pelanggan tersebut, sementara kami mempertahankan struktur harga kami sekarang ini untuk SMS yang masuk ke jaringan kami. Perusahaan mengantisipasi bahwa peningkatan biaya untuk SMS off-network yang dibebankan kepada pelanggan kami akan mengubah trafik SMS dari offnetwork ke on-network, yang pada akhirnya akan mengurangi biaya interkoneksi yang akan kami alami. Kami tidak dapat meyakinkan, bahwa kami akan dapat memulihkan sepenuhnya semua biaya interkoneksi yang akan kami bayarkan, atau pendapatan yang dihasilkan dari biaya interkoneksi yang kamu terima dari operator lain akan sepenuhnya mencakup (offset) biaya interkoneksi yang akan kami bayar, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan pada pendapatan usaha dari layanan selular kami.

  • Distribusi

Indosat memasarkan produk seluler dan layanannya melalui saluran pemasaran langsung dan agen penjualan, dengan kebanyakan pendapatannya berasal dari agen penjualan wilayah eksklusif yang bekerja sama erat dengan Indosat untuk menjaga jaringan penjualan terpadu dan pusat layanan pelanggan di seluruh Indonesia. Pada akhir tahun, pusat penjualan (Point of Sales) Indosat terdiri dari lebih dari 270.000 outlet reguler tradisional; lebih dari 18.000 saluran modern yang terdiri dari outlet ritel modern seperti Indomaret, Alfamart, Carrefour dsb.; lebih dari 900 outlet Gadget Retail Chain seperti Okeshop, Global

Teleshop, Erafone dan banyak lagi; lebih dari 48.000 pusat penjualan perbankan melalui ATM; dan

pusat penjualan terpadu serta layanan pelanggan yang dinamakan Galeri Indosat (117), Griya Indosat (49), dan KILAT (130). Galeri Indosat adalah pusat layanan yang dikelola langsung oleh Indosat, sedangkan yang dimiliki oleh agen penjualan disebut Griya Indosat, dan yang dimiliki serta dikelola oleh mitra perorangan dinamakan KILAT (Kios Layanan &Penjualan Indosat).

Pada tahun 2013,  pendekatan wilayah diterapkan dengan lebih dari 300 wilayah di seluruh Indonesia, agar kami dapat lebih terfokus pada kebutuhan pasar yang sangat beragam. Tujuan dan strategi spesifik ditetapkan untuk wilayah masing-masing. Di samping itu, struktur kompensasi dan KPI untuk distributor juga diselaraskan untuk memberi penghargaan kepada mereka yang mencapai mutu lebih tinggi. Agen penjualan Indosat bertanggung jawab menyediakan jasa penjualan, layanan pelanggan, pembayaran tagihan dan pemberian informasi kepada pelanggan dalam wilayah

masing-masing dan memperoleh keuntungan dari persentase pembayaran pelanggan berdasarkan lama berlangganan dan volume penggunaan, dengan mendorong mereka untuk terfokus pada penjualan bermutu dan dalam prosesnya mengurangi biaya pemasaran serta akuisisi/perolehan.

Untuk mendukung upaya-upaya ini, manajemen meningkatkan frekuensi kunjungan ke lapangan untuk berkomunikasi dan memantau pencapaian sasaran, dan menambah kepekaan serta waktu bereaksi Perusahaan terhadap pasar.

Meninggalkan tahun 2013,  Indosat telah secara efektif memangkas waktu tanggapan terhadap pasar dan memperbarui proses pemikiran

internal kami, dan prakarsa harus kami rancang

dan laksanakan sesuai kebutuhan, kemauan dan keinginan pelanggan, dengan promosi yang diarahkan ke pasar setempat yang spesifik dan mengubah harga untuk akuisisi baru Voice/

SMS ke Data. Mobile B2B akan dikembangkan dan kami akan menangani semua segmen dan memanfaatkan data & VAS sebagai pemacu pertumbuhan, sambil memperkuat proposisi kami pada solusi Voice. Kami juga akan beralih memanfaatkan jaringan data yang mutunya

telah ditingkatkan dengan strategi harga optimal untuk monetisasi yang lebih baik, didukung oleh kemitraan strategis untuk konten, aplikasi, OTT dan perangkat pintar (smart device). Terakhir, kami akan memanfaatkan pengalaman kami dalam pembinaan komunitas untuk menciptakan nilai dan memperoleh pendapatan dalam kondisi lingkungan baru yang terpusat pada data.

  • Promosi

Kegiatan komersial banyak tertunda pada paruh pertama tahun berjalan sambil menantikan terlaksananya modernisasi jaringan. Untuk menjaga kelangsungan pangsa pasar kami yang besar di kalangan kaum muda selama waktu itu, kami meluncurkan suatu produk IM3 yang disebut Suka-Suka dengan harga SMS yang sangat agresif. Suka-Suka menimbulkan imbal jasa interkoneksi yang lebih besar, sehingga merugikan baris bawah kami, tetapi membantu mencegah berkurangnya pelanggan IM3 hingga paket data siap diluncurkan.

Menyusul membaiknya mutu jaringan di pertengahan tahun, pada kwartal ke-3 suatu produk yang kami sebut IM3 Play  diluncurkan untuk mendorong proposisi data ke pasar massal, diikuti dengan IM3 Play  Soulmate pada kwartal

ke-4 dengan kemudahan paket telepon gratis selama setahun untuk menarik pendapatan dari layanan Voice. Untuk meningkatan pendapatan dari layanan data, Indosat meluncurkan New SP Super Data IM3 1.8 GB untuk setahun & Mentari

3GB untuk tiga bulan. Kampanye agresif untuk mendorong paket gabungan menghasilkan pengeluaran isi ulang yang lebih tinggi per pelanggan pada kwartal ke-4. Pada akhir tahun, Indosat memonetisasi (menguangkan) lalulintas SMS puncak dengan membekukan bonus SMS dan membebankan Rp20 per SMS. Paket-paket

ini didukung oleh kampanye mikro yang terarah berdasarkan analisis pelanggan yang mendalam.

Untuk pasar perusahaan, Indosat Business diluncurkan bulan Desember, dan Kartu PINTAR, suatu kartu prabayar yang mendukung komunikasi efisien antar karyawan, dikeluarkan bagi Usaha Kecil  Menengah. Indosat juga melaksanakan dan mensponsori banyak prakarsa pencitraan merek (brand  building) dan sponsor pada tahun 2013 termasuk APEC World Forum tahun 2013 di bulan Agustus, prakarsa pembinaan komunitas seperti Indosat Wireless Innovation Application Contest (IWIC) tahunan ke-7 dan berbagai acara musik.Penawaran tepat sasaran yang didukung program komersial serta sistem jaringan distribusi yangbaru, mendapatkan tanggapan baik dari pasar.

  • Aspek operasional dan produksi

Selama tahun 2013, Indosat telah berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan dan mengalami peristiwa penting yang menunjang prestasi / kemajuan perusahaan. Indosat meraih 21 penghargaan pada tahun 2013.

Untuk mencapai penghargaan-penghargaan tersebut, Indosat memiliki operasional yang menunjang prestasi perusahaan. Tidak semudah yang dibayangkan. Perusahaan harus memberikan inovasi-inovasi baru agar para pelanggan puas dengan produk yang digunakan. Indosat  berusaha menerapkan operasional yang sejajar dengan perusahaan-perusahaan global lain. Untuk itu, perusahaan menetapkan lima pilar utama tata kelola perusahaan untuk menunjang kesejajaran tersebut, yakni :

  • Transparasi

Kami berupaya menyediakan informasi yang tepat waktu, relevan, akurat, dan mudah diakses bagi semua pemangku kepentingan, sebagai bagian dari usaha kami untuk berpegang pada prinsip transparansi dan mempertahankan obyektivitas dalam operasi bisnis.

  • Akuntabilitas

Kami telah menjabarkan kerangka kerja akuntabilitas, mendefinisikan peran dan tanggung jawab Dewan Komisaris, Direksi, karyawan, dan komite-komite lain secara jelas, dan selaras dengan visi, misi, nilai-nilai, dan strategi perusahaan.

  • Tanggung Jawab

Selaras dengan komitmen kami terhadap tanggung jawab organisasi, kami sungguh-sungguh memastikan kepatuhan pada hukum dan menerapkan prinsip-prinsip kehati-hatian.

  • Independensi

Sesuai dengan semangat independensi, kami berupaya mendorong setiap unit kerja agar independen tanpa dipengaruhi secara berlebihan oleh kepentingan tertentu. Upaya kami mencakup minimalisasi konflik kepentingan dalam kegiatan manajemen dan operasional, dengan cara memastikan agar berbagai jabatan para anggota Dewan Komisaris dan Direksi tidak mempengaruhi kemampuan mereka untuk melaksanakan tanggung jawab dalam perusahaan.

  • Keadilan

Selaras dengan prinsip keadilan, kami berupaya memperlakukan semua pemangku kepentingan secara adil. Kami memastikan agar semua pemegang saham memperoleh akses yang sama terhadap Informasi Perusahaan. Untuk menghindari pemberian informasi yang  tidak lengkap, kami mengunggah setiap informasi yang telah diberitahukan secara terbuka kepada masyarakat umum dalam website kami di http://www.indosat.com.

                                                            

  • SUMBER DAYA MANUSIA

Peran penting sumber daya manusia dalam upaya Indosat untuk menjadi pemimpin pasar tercermin oleh banyaknya inisiatif Sumber Daya Manusia (SDM) pada tahun 2013. Inisiatif tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan 3-tahun Indosat yaitu memiliki kar yawan terbaik, dengan cara menciptakan budaya korporat yang mewujudkan nilai-nilai Indosat yang baru sehingga Indosat kembali menjadi pelopor yang berinovasi. Di tahun kedua roadmap kami, prioritas utama adalah mendefinisikan kembali

  • budaya korporat, mengembangkan SDM, menciptakan organisasi yang efektif, serta meninjau dan memperbaiki sistem dan kebjiakan SDM, semua dengan tujuan meningkatkan keterlibatan (engagement) para kar yawan.

Organisasi yang Efektif

  • Kami terus menggandeng business user dalam upaya memetakan keperluan SDM di setiap departemen. Agar sumber daya dialokasikan dengan tepat kepada bagian-bagian bisnis yang mengalami pertumbuhan cepat, sejumlah pergesaran terjadi di struktur organisasi dari tingkat Direksi hingga tingkat manajer bahkan di daerah. Stuktur organisasi yang baru ini bertujuan agar SDM dialokasikan dengan lebih efektif, sekaligus memperbaiki jalur pelaporan ke atasan dan meningkatkan produktivitas.
  • Pengembangan SDM

Sejalan dengan perubahan organisasi, pengembangan SDM dijalankan secara        intensif termasuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan pada tingkat manajer. Salah satu masukkan pada tahun-tahun sebelumnyatermasuk kurangnya kesempatan pengembangan karir di Perusahaan. Pada tahun 2013 hal ini mulai diperbaiki dengan cara mempublikasi lowongan internal lebih luas serta memberikan kesempatan melamar kepada semua karyawan. Juga diberikan preferensi terhadap kandidat internal dalam mengisi lowongan. Berkat upaya tersebut, lebih dari 60% lowongan dapat diisi melalui rekrutmen internal selama tahun berjalan, sehingga memberikan motivasi kepada karyawan untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Indosat juga membuka kesempatan magang dan penempatan di perusahaan grup Ooredoo lainnya sebagai bagian dari inisiatif pengembangan bakat di tingkat grup.

  • Pelatihan dilakukan secara lebih intensif pada tahun 2013 dengan memperbanyak program pelatihan dan partisipasi karyawan yang lebih tinggDalam rangka membantu karyawan mengembangkan kompetensi mereka, metode pelatihan bergeser dari pendekatan pelatihan formal, yang telah terbukti kurang efektif, menjadi pendekatan 70:20:10. Dalam pendekatan baru ini,70% pembelajaran di lingkungan kerja terjadi pada saat melakukan pekerjaan, 20% saat mentoring atau coaching, sedangkan hanya 10% didapatkan di sesi pelatihan formal. Umpan balik menunjukkan bahwa pendekatan ini jauh lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan para karyawan.
  • Pelatihan dan dukungan materi pun diberikan para manajer untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan, dan memberikan pelatihan yang efektif serta masukkan yang terstruktur bagi tim masing-masing. Jumlah biaya yang dihabiskan untuk pelatihan manajemen dan pengembangan bagi manajer baru juga meningkat, seiring dengan niat perusahaan untuk mengembangkan potensi kepemimpinan dan mengoptimalkan jalur karir setiap individu. Untuk mengetahui apakah pelatihan ini secara efektif meningkatkan kualitamanajemen,dilaksanakan mekanisme umpan balik pemangku pementingan yang mengembalikanhasil yang positif.

Indosat mengelola fasilitas khusus untuk pusat pelatihan di Jatiluhur, lengkap dengan kelas-kelas dan ruang-ruang komputer, yang dapat melayani 16 kelas secara simultan untuk sampai dengan 200 partisipan. Pusat pelatihan ini juga memiliki asrama dan fasilitas olah raga termasuk wilayah pelatihan outbound. Sejumlah ruang pelatihan berperalatan lengkap dengan kapasitas maksimum 80 orang juga tersedia di kantor pusat Indosat, juga satu ruang komputer dengan kapasitas 25 orang.

Manajemen Bakat & Kinerja

Berdasarkan tujuan perusahaan, Indikator Kunci Kerja (IKK) diturunkan (cascaded) ke tingkat perorangan untuk menyelaraskan kinerja individu dengan strategi perusahaan. Pekerjaan ini telah berlangsung sejak 2013 dan akan diteruskan di

2014 seiring pembangunan persediaan kandidat berbakat internal (talent bank)  termasuk menangani rencana suksesi (succession plan) dan menetapkan Service Level Agreement untuk  SDM.

Tingkat remunerasi juga ditangani, termasuk kebijakan relokasi, sebagai bagian dari upaya kami untuk menarik dan mendapatkan orang- orang terbaik di industri. Mendukung manajemen kinerja, peningkatan sistem SAP yang baru yang kini digunakan telah menghubungkan Manajemen

Kinerja dan Manajemen Bakat secara terpadu. Komunikasi Manajemen & Karyawan Manajemen secara proaktif mengadakan komikasi dengan karyawan melalui berbagai saluran, baik formal maupun informal, untuk enyampaikan

tujuan Perusahaan, membangun kesepakan, dan mendapatkan masukkan. Saluran komunikasi mencakup antara lain forum diskusi terbuka antara manajemen puncak dan karyawan dalam rapat town hall, kunjungan-kunjungan oleh Direksi

ke cabang-cabang dan lokasi-lokasi pekerjaan, pertemuan sosial dengan CEO, dan komunikasi rutin dengan wakil-wakil Serikat Pekerja Indosat (SPI). Selain itu, Indosat menggunakan saluran komunikasi tidak langsung seperti intranet perusahaan dan kelompok e-mail dan juga pengumuman visual berupa poster di lingkungan kerja. Dengan mempertahankan komunikasi dua arah yang efektif, Indosat meningkatkan keterlibatan karyawan dan menjadikan perusahaan lebih lincah bergerak

sejumlah upaya dilakukan pada tahun 2013 untuk meningkatkan jumlah kunjungan oleh manajemen senior, termasuk Direksi, untuk memperoleh umpan balik dari lapangan dan memberikan semangat kepada karyawan regional. Seiring dengan upaya ini, acara-acara terstruktur seperti rapat townhall diadakan dalam suasana yang lebih informal untuk menciptakan suasana santai yang kondusif bagi diskusi.

Inisiatif-inisiatif ini membantu dalam mengkomunikasikan informasi, membangun kesadaran, dan mendapatkan dukungan dari karyawan. Selain itu, pergeseran suasana menjadi lebih terbuka dan informal telah menolong menstimulasi umpan balik dan ide-ide untuk pelaksanaan yang lebih baik khususnya dalam inisiatif-inisiatif komersial, dan juga meningkatkan kepuasan di lingkungan kerja.

  • Jumlah Karyawan Tetap berdasarkan Jabatan

2013           2012

BOD/Chief 6 9
Group Head/Advisor 63 60
Division Head/Expert 231 213
Manager/Expert 697 675
Senior Staff 1.296 1.300
Staff 753 710
Total 3.046 2.967

Pemberi Kerja yang Teladan

Kami percaya bahwa lingkungan kerja yang positif dan membuat karyawan senang datang bekerja berperan penting dalam mewujudkan potensi mereka. Karena itu, Indosat selalu berusaha menjadi tempat kerja terbaik bagi karyawan dengan menyediakan lingkungan kerja positif

dan dengan memastikan kesejahteraan karyawan dan anggota keluarga mereka. Selain gaji bulanan, karyawan juga menerima manfaat seperti tunjangan telepon, manfaat layanan kesehatan, bonus tahunan sebagai insentif, dan berbagai fasilitas dan penghargaan. Sasarannya adalah membuat karyawan dapat mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang baik antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan relasi sosial antar karyawan.

Untuk mencapai hal itu, sejauh mungkin lingkungan kerja dirancang untuk menciptakan pengalaman kerja yang menyenangkan. Sebagai contoh, karyawan boleh bekerja dengan jadwal jam masuk dan jam pulang kerja yang fleksibel sepanjang mereka dapat memenuhi tugas dan beban kerja. Demikian juga, peraturan mengenai pakaian kerja karyawan adalah fleksibel; mereka

dapat berpakaian formal atau santai sesuai dengan peran, fungsi atau jabatan masing-masing. Di beberapa lokasi, Indosat menyediakan klinik layanan kesehatan, kantin, dan ruang menyusui bagi karyawan. Perusahaan juga mendukung karyawan melaksanakan kewajiban agama, termasuk hari-hari besar agama.

Lebih jauh lagi, perusahaan secara aktif mendorong kegiatan ekstrakurikuler bagi karyawan,

khususnya olah raga, sebagai kegiatan teambuilding yang sehat, dimana perusahaan mendanai sejumlah tim olah raga yang dibentuk karyawan.

Manfaat-manfaat kesejahteraan karyawan yang diberikan antara lain:

  1. Fasilitas Perawatan dan Layanan Medis, terdiri dari:
  2. a. Rawat Jalan: 1349 kunjungan di tahun

2013.

  1. b. Rawat Inap (termasuk rawat inap untuk bersalin): 31.381 malam di tahun 2013.
  2. c. Klinik Gigi dan Klinik Kesehatan: 1.570 &

4.394  karyawan di tahun 2013.

  1. d. Fasilitas Kaca Mata: 1.884 karyawan.
  2. e. General Check Up: 2.628 karyawan.
  3. 2. Berbagai fasilitas olah raga.
  4. 3. Santunan Pernikahan bagi Karyawan.
  5. 4. Santunan Kedukaan dan Pemakaman.
  6. Santunan Bencana Alam.
  7. 6. Penghargaan atas masa kerja dan dedikasi bagi

Perseroan atau masyarakat sekitar.

  1. 7. Koperasi Karyawan PT Indosat Tbk (Kopindosat) yang beranggotakan seluruh karyawan. Perseroan menyediakan bantuan bagi kelancaran operasional Kopindosa
  2. 8. Ketentuan program dan manfaat pensiun bagi karyawan yang menerima fasilitas pendanaan penuh dari perusahaan sebagaimana diatur dalam ketentuan-ketentuan perjanjian antara Perseroan dengan pengelola program pensiun ( Jamsostek).
  3. 9. Jaminan sosial bagi karyawan ( Jamsostek)

dengan iuran dibayarkan oleh Perseroan.

Medical Chec up 2628 karyawan
Rawat Inap karyawan dan keluarganya 31381 malam
Rawat Jalan 18349 karyawan dan keluargannya
Klinik kesehatan 4394 karyawan
Fasilitas kacamata 1884 karyawan
Klinik gigi 1570 karywan

Bab III

 Kesimpulan

  • Indosat adalah perusahaan yang meyediakan jasa seluler, MIDI, dan telekomunikasi yang berfokus kepada pelanggan dalam berbagai hal, dari penawaran produk, hingga peningkatan kualitas jaringan dan standar pelayanan. Indosat banyak bekerjasama dengan berbagai pengusaha luas yang saling menuntungkan. Hal ini bertujuan untuk menunjang kemajuan Indosat dalam berbagai bidang. Indosat selalu memotivasi karyawan melalui bimbingan karir, pengembangan, pelatihan berkelanjutan, remunerasi, keunggulan kompetitif, dan lingkungan sehat dan terbuka yang dapat meningkatkan produktivitas kerja. Hasil dari kerja Indosat adalah peningkatan pendapatan, stabilitas dan pertumbuhan dalam segala bidang, pencapaian jumlah pelanggan, dan pengokohan posisi Indosat di Indonesia sebagai penyedia jasa telekomunikasi. Indosat selalu berusaha untuk meningkatkan keuntungan para pemegang saham khususnya.Indosat juga mencoba berperan aktif dalam lingkungan masyarakat, karena seperti yang kita ketahui produk Indosat ditujukan untuk dan kepada masyarakat di Indonesia khususnya.

Tinggalkan komentar